Anda Guru Privat SD SMP SMA? Ikuti 5 Pelatihan Ini

Kualitas seorang guru privat SD SMP SMA akan bertambah jika telah mengikuti berbagai pelatihan. Guru yang berkualitas kelak akan memberikan hal terbaik bagi anak didiknya. Karena itu pelatihan untuk guru privat SD SMP SMA sebaiknya perlu dilakukan secara periodik. Misalnya diwaktu awal-awal setelah dinyatakan sebagia guru rivat dan pelatihan reguler.

Inilah 5 pelatihan yang sebaiknya didapatkan oleh para guru privat SD, SMP, SMA;

Pelatihan Teknik Mengajar

Pelatihan ini memang harus diikuti oleh guru privat maupun guru sekolah. Akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh para guru setelah mengikuti pelatihan ini. Teknik mengajar setiap guru pasti berbeda-beda namun inti dari mengajar itu harus tersampaikan dengan baik oleh guru. Mengajar adalah memberikan pengajaran kepada muridnya tentang suatu hal hingga si anak memahaminya.

Bagi para guru yang memang alumni fakultas keguruan memang sudah pernah mempelajarinya, sedangkan bagi guru yang bukan alumni fakultas keguruan pelatihan ini sangat penting untuk diikuti. Tapi, bukan berarti guru yang alumni keguruan tidak perlu ikut. Sebab, teknik mengajar selalu mengalami inovasi-inovasi sehingga sebaiknya semua guru bisa mendapatkan pelatihan ini.

Pelatihan Mengatasi Konflik

Meskipun hanya mengajar satu orang anak atau paling banyak tiga anak, jangan dikira tidak ada konflik dalam mengajar privat. Masalah yang muncul dalam praktek mengajar privat biasanya datang dari anak yang kurang bersemangat, orang tua yang ingin ikut mengajari, orang tua yang terlalu tidak peduli, atau ketidak cocokan antara guru dan murid itu sendiri. Hal ini perlu diatasi dengan segera. Adanya pelatihan mengatasi konflik ini diharapkan agar kelak guru tahu apa yang harus dilakukan ketika ia menemukan permasalahan-permasalahan tertentu ketika mengaajar.

Pelatihan Mengenal Karakter Anak

Karakter setiap anak berbeda-beda meski kembar identik sekalipun. Banyak hal yang memperngaruhi perbedaan karakter seseorang. Untuk itu para guru privat perlu mendapatkan pelatihan tentang bagaimana mengenal karakter si anak. Sebab guru privat hanya menghadapi satu orang anak saja. Jadi, ia perlu benar-benar memahami karakter anak didiknya agar lebih mudah dalam interaksi keduanya. Hal-hal yang perlu dipelajari dari pelatihan ini adalah tentang karakter dasar anak dan pembagiannya, bagaimana menghadapi anak dengan karakter tertentu, lalu bagaimana menghadapi dua murid yang karakternya jauh berbeda.

Pelatihan Manajemen Waktu

Manajemen waktu itu penting bagi guru privat, karena mereka bekerja berdasarkan jadwal permintaan siswa maupun orang tua. Bagaimana guru privat harus membagi waktunya di rumah, di jalan, dan di rumah siswa. Agar guru tidak datang terlambat dan kehilangan waktu beberapa menit untuk mengajar. Belum lagi kalau terjebak macet di jalan.

Pelatihan Kreatifitas

Guru privat harus kreatif dalam menyampaikan materi. Mengajar privat tidak seperti mengajar di sekolah. Disini anak hanya sendirian, kemungkinan baginya untuk bosan sangat tinggi. Karenanya guru harus berpikir kreatif tentang apa saja yang harus dilakukan dalam pertemuan berikutnya. Anak yang bosan cenderung malas dan tidak mau mendengarkan. Itulah kenapa pelatihan kreatifitas ini penting bagi guru privat.

Guru privat SD SMP SMA yang terlatih ada di Ganesha Collage. Di Ganesha Collage guru privat SD SMP SMAnya dilatih dengan berbagai jenis pelatihan baik dari internal lembaga maupun melaui seminar-seminar. Ayo kita pilih guru favorit kita dan raih prestasi bersama guru-guru privat terbaik dari Ganesha Collage.

Chat Kami Via Whatsapp