Guru Les Privat Matematika SD, SMP, SMA

Guru Les Privat Matematika SD, SMP, SMA pilihan siswa

Materi Matematika setiap jenjang pendidikan itu berbeda kesulitannya. Meski untuk era sekarang ini tingkat kesulitannya jauh lebih tinggi dari pada tahun belajarnya orang tua. Sebab pengetahuan pun sudah melaju pesat.  Guru les privat matematika sd, smp, sma harus berjuang keras untuk membantu anak-anak didiknya. Kini para guru les privat matematika sd, smp, sma memiliki beban tanggung jawab yang tidak mudah.

guru-les-privat-matematika

Matematika Anak Usia TK

Sebenarnya, matematika yang sedang dipelajari oleh anak-anak sekolah mempunyai kesamaan konsep. Hanya saja berbeda pada tingkat kesulitan yang dihadapi oleh setiap jenjang. Misalnya untuk matematika usia Taman Kanak-kanak matematika dipelajari sebatas mengenal bentuk angka. Mereka diajarkan untuk menghafal setiap angka mulai dari angka 1-20. Ini pun tidak langsung serta-merta anak menghafal 1-20 tapi ada tahapannya masing-masing.

Untuk kelas TK nol kecil biasanya semester ganjil hanya belajar angka 1-20 kemudian di semester genapnya nanti baru belajar angka 11-20. Untuk Tk nol besar anak-anak sudah mulai diajarkan cara menghitung dan mengurangi angka secara sederhana sebagai pengetahuan dasar untuk menghadapi materi di sekolah dasar nanti.

Matematika Anak Sekolah Dasar

Matematika jenjang Sekolah dasar sudah mulai bertambah kesulitannya. Hal ini bergantung pada di kelas berapa si anak sekarang. Kalau di kelas satu atau dua masih dalam bentuk penjumlahan dan pengurangan dengan angka puluhan. Mereka juga sudah mulai mempelajari soal cerita. Disini anak-anak harus sudah pandai membaca untuk bisa mengerti apa yang sedang ditanyakan.

Untuk kelas 3 dan empat mereka mulai akan dikenalkan pada perkalian sederhana dan pembagian bilangan-bilangan kecil. Selanjutnya untuk anak kelas 5-6 sudah mulai mengahdapi perkalian dan pembagian yang lebih rumit hingga ribuan jumlahnya. Mereka juga sudah mulai belajar tentang sudut dan cara menghitung panjang sebuah benda, berat, dan luas. Selain itu, mereka juga sudah mulai mempelajari bangun ruang dan bangun datar, dan materi sederhana lainnya.

Matematika Anak Sekolah Menengah Pertama

Semakin tinggi jenjang, maka materi matematikanya pun semakin kompleks. Siswa Sekolah Menengah Pertama sudah mengenal materi-materi dasar matematika sebelumya. Karena itu materi yang dibahas untuk siswa SMP pun sudah mulai beragam seperti bilangan bulat dan pecahan, bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier, himpunan, aritmatika sosial, statistika, relasi fungsi, bilangan berpangkat, dan masih banyak lagi materi matematika yang dipelajari oleh anak SMP sekarang. Semua itu masih dalam bentuk perhitungan dan pengetahuan sederhana. Disini mereka harus benar-benar paham, karena nanti di SMA akan diarahkan kepada materi yang tingkat kesulitannya lebih tinggi.

Matematika Anak Sekolah Menengah Atas

Materi Matematika SMA sudah lebih rumit dan beragam. Karena itulah mereka harus menguasai dengan benar konsep dasarnya sewaktu SMP. Karena di SMA matematika mulai digunakan dalam bentuk yang lebih variatif dari pada SMP. Mereka akan belajar trigonometri, limit fungsi, matriks, statistika, dan materi lain yang sudah mengalami perkembangan dalam hal rumus perhitungannya. Materi kelas XII pun sudah diarahkan untuk menghadapi Ujian Nasional dan SMBPTN.

Untuk itulah peran guru privat matematika SD, SMP, SMA masih sangat dibutuhkan. Materi matematika kesulitannya terus bertambah setiap memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi. Karena itu anak perlu belajar dengan lebih intensif bersama guru les privat matematika sd, smp, sma yang kompeten sejak awal. Karena tantangan mereka akan semakin besar disetiap tahap yang mereka jalani.

Ganesha College sebagai lembaga bimbingan belajar les privat siap membantu anda dengan menyediakan guru matematika handal dan berpengalaman yang bisa dipanggil ke rumah. Guru-guru kami tersedia untuk daerah jakarta, bekasi, depok, tangerang dan bogor.

Terima kasih sudah membaca artikel kami tentang Guru Les Privat Matematika SD, SMP, SMA.