Guru Privat SD SMP SMA; Berperan Dibalik Layar

Guru privat SD SMP SMA berjuang untuk mencerdaskan anak didiknya dengan dedikasi tinggi. Ditambah lagi guru-guru itupun sudah dibekali dengan pelatihan-pelatihan khusus sebagai guru privat seperti halnya dengan guru privat SD SMP SMA dari Ganesha College. Kualitas mereka sudah tidak perlu diragukan lagi.

Tapi, apa yang sebenarnya mereka cari?
Apakah uang? Ketenaran? Atau relasi?

Tentu saja tidak. Guru privat itu bukan bisnis dimana dia ada untuk mendapatkan untung yang sebesar-besarnya. Terkadang mereka bahkan tidak mendapat upah yang sesuai atas usahanya mencerdaskan anak didiknya. Mereka berjuang untuk memperbaiki generasi bangsa tanpa pangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil seperti halnya penghargaan yang bisa didapat oleh guru di sekolah. Guru privat ada hanya untuk mengajar anak didiknya.

Jam mengajarnya pun tidak teratur, kadang pagi, siang, sore, bahkan juga malam hari. Mereka bekerja dengan jadwal sesuai keinginan anak didiknya. Malam hari yang seharusnya digunakan untuk beristirahat setelah seharian beraktifitas, tidak berlaku untuk guru privat. Mereka tetap datang kerumah anak didiknya sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Guru privat SD SMP SMA juga tidak bekerja agar ia terkenal. Bahkan mereka adalah pekerja dibalik layar. Ketika anak didiknya sukses meraih nilai tinggi dalam ujina nasional bukan guru privat yang dipuji oleh masyarakat. Atau ketika anak didiknya berhasil masuk ke jenjang yang lebih tinggi, baik itu sekolah maupun universitas, dengan nilai memuaskan pun bukan guru privat yang akan muncul kepermukaan sebagai pahlawan.

Sebaliknya sekolah dan orang tualah yang akan mendapat pengakuan akan keberhasilan anak. sedangkan guru privat, mereka sudah merasa senang karena anak didiknya berhasil menggapai cita-citanya dan tersenyum dari jauh. Mereka tidak lantas berteriak-teriak lalu mengatakan bahwa keberhasilan anak didiknya adalah karena ia yang tekun mengajar tak peduli waktu. Mereka tetaplah guru privat yang bersifat pribadi, yang hanya diketahui oleh si anak dan orang tua tentang bagaimana kerasnya ia berjuang. Tentang seberapa besar pengorbanannya agar anak didiknya bisa meraih kesuksesan.

Perjuangan seorang guru privat pun tidak membuatnya mendapatkan banyak relasi. Karena itu bukanlah tujuan dari pengabdian guru privat. Guru privat tidak bekerja agar mendapatkan relasi yang bisa menaikkan karirnya atau membuatnya naik pangkat. Keberhasilan tertinggi bagi seorang guru privat adalah ketika anak didiknya telah mendapatkan buah dari usaha mereka bersama.

Tidak ada untung yang diperoleh meskipun guru privat mengenal seorang anak pejabat. Begitu juga kalau guru privat ini mengajar anak artis. Guru privat tidak akan menjadi terkenal atau seketika menjadi orang kaya karenanya. Mereka tetap mengajar siapapun anak didiknya dengan tujuan yang sama, yaitu membantu mereka dalam belajar dan meraih keberhasilan dalam dunia pendidikan.

Jika guru adalah pahlwan tanpa tanda jasa maka guru privat adalah pahlawan dibalik layar. Seorang guru yang berjuang tanpa mengharapkan kenaikan pangkat, mendapatkan relasi yang menguntungkan, atau mengejar kekayaan. Merekalah guru-guru berdedikasi tinggi yang akan mengantarkan anak-anak didiknya ke gerbang kesuksesan.

Guru privat seperti ini bisa kita temukan di Ganesha College. Mereka adalah guru privat SD SMP SMA yang patut dibanggakan sebagai pahlawan masa kini. Guru-guru privat SD SMP SMA disini pun telah membuktikan dedikasinya hingga melahirkan generasi-generasi cerdas yang mampu bersaing secara global. Dan untuk itu tidak ada piagam, piala, atau lencana kehormatan yang mereka dapatkan.