Menjadi Guru Privat SD SMP SMA Ternyata Tidak Mudah

Semakin banyak masyarakat Indonesia yang sadar akan pentingnya pendidikan membuat permintaan guru les privat SD SMP SMA semakin tinggi. Peluang pun semakin terbuka lebar bagi para alumni fakultas keguruan untuk menjadi guru privat SD SMP SMA. Meskipun menjadi guru privat itu terlihat mudah tapi pelaksanannya tidak semudah perkiraan kebanyakan orang.

Sering kali guru privat juga menghadapi banyak kendala ketika sedang mengajar anak-anak didiknya. Bahkan tidak jarang kendala ini juga dapat menggangu kenyamanan belajar anak sehingga hasil belajar menjadi tidak optimal. Berikut inilah beberapa kendala yang dihadapi oleh guru privat;

Komunikasi Tidak Lancar

Kopmunikasi tidak lancar menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi oleh seorang guru privat. Terkadang guru privat sudah datang ke rumah siswa, tapi ternyata siswa yang akan belajar privat belum pulang sekolah. Jadi jadwal belajar pun bisa mundur dan akhirnya akan mengganggu jadwal lainnya. Hal ini sering sekali terjadi dan masih menjadi kendala yang harus dihadapi oleh para guru privat jika tidak segera diatasi.

Ketidaklancaran dalam berkomunikasi bisa merugikan guru privat dalam hal pengaturan manajemen. Karena guru privat harus tidak hanya mengajar satu tempat saja. Bisa jadi dalam sehari si guru akan mengajar sampai lima orang dalam waktu yang berbeda. Kalau salah satunya tidak sesuai jadwal maka akan menyebabkan jadwal anak yang lain terganggu.

Jarak Rumah Yang Terlalu Jauh

Tidak semua guru privat mempunyai kendaraan pribadi. Ada guru yang harus naik turun bis hanya untuk mencapai rumah seorang siswa yang menjadi murid privatnya. Tapi, kendalanya muncul ketika si guru harus datang ke rumah siswa yang tidak terjangkau kendaraan umum. Kemudian si guru itu harus berjalan kaki untuk bisa mencapai rumah si anak.

Kendala semacam ini memang perlu diatasi oleh pihak guru dan juga pihak lembaga. Tapi, kalau orang tua dari si anak bisa membantu juga akan lebih baik. Sebab, guru yang dipilih adalah atas kehendak orang tua atau anak. Akan sangat berbahaya kalau guru privat ini berjalan sendirian apalagi kalau gurunya adalah seorang perempuan terlebih lagi jadwalnya malam hari.

Suasana Rumah

Faktor lain yang bisa menjadi klendala bagi guru privat SD SMP SMA adalah suasan rumah yang kurang nyaman. Terkadang ada siswa yang tinggal di lingkungan yang kurang kondusif untuk belajar. Misalnya saja rumah yang dekat dengan tempat bising seperti bengkel, pabrik , atau tempat ramai lainnya. Suasana seperti ini bisa mengganggu konsentrasi belajar anak dan juga konsentrasi mengajar guru.

Tempat yang mengeluarkan alunan bunyi tidak teratur bisa memecah konsentrasi anak dan menyebabkan gangguan pendengaran pada anak maupun guru. Memang hal ini diluar kendali guru, lembaga, maupun orang tua sendiri. Ada baiknya kendala ini diatasi dengan merubah tempat belajar yang tidak harus di rumah si anak. Misalnya di rumah nenek atau saudara yang lebih kondusif suasananya untuk tempat belajar.

Karenanya harus ada perbincangan khusus antara orang tua, anak, dan juga guru privat SD SMP SMA sebelum memutuskan untuk menyusun jadwal belajar privat. Agar tidak terjadi masalah dikemudian hari antara guru privat SD SMP SMA dan juga anak maupun orang tua. Sebab itulah orang tua diberi kebebasan untuk memilih guru privat yang terbaik dari Ganesha College. Yuk pilih guru terbaikmu sekarang juga.